No comments

Yuk Kenal Lebih Dalam Tentang Septik Artritis

Hasil gambar untuk Septik Artritis

Physio-pedia.com

Radang sendi septik juga dikenal sebagai radang sendi menular, dan biasanya disebabkan oleh bakteri. Bisa juga disebabkan oleh virus atau jamur. Kondisi ini adalah peradangan sendi yang disebabkan oleh infeksi. Biasanya, septik artritis mempengaruhi satu sendi besar di tubuh, seperti lutut atau pinggul. Lebih jarang, septik artritis dapat menyerang banyak sendi.

Septik artritis adalah infeksi yang menyakitkan pada persendian. Infeksi dapat berasal dari kuman yang melakukan perjalanan melalui aliran darah Anda dari bagian lain dari tubuh Anda. Septik artritis juga dapat terjadi ketika luka tembus menghantarkan kuman langsung ke sendi.

Bayi dan orang dewasa yang lebih tua kemungkinan besar menderita septik artritis. Lutut paling sering terkena, tetapi septik artritis juga dapat memengaruhi pinggul, bahu, dan sendi lainnya. Infeksi dapat dengan cepat dan parah merusak tulang rawan dan tulang di dalam sendi, sehingga perawatan yang cepat sangat penting. Perawatan melibatkan pengeringan sendi dengan jarum atau pembedahan. Antibiotik juga biasanya diperlukan untuk mengobati infeksi.

Apa Saja Gejala-Gejala Septik Arthritis?

Gejala septik artritis biasanya datang dengan cepat dengan rasa sakit yang hebat, pembengkakan sendi, dan demam. Gejala septik artritis adalah :

  • Panas dingin
  • Kelelahan berlebih
  • Demam
  • Ketidakmampuan untuk menggerakkan anggota badan dengan sendi yang terinfeksi
  • Nyeri hebat pada sendi yang terkena, terutama dengan gerakan
  • Pembengkakan (peningkatan cairan di dalam sendi)
  • Kehangatan (sendi berwarna merah dan hangat untuk disentuh karena peningkatan aliran darah)

Penyebab

Septik artritis adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur. Infeksi bakteri dengan Staphylococcus aureus (staph) adalah penyebab paling umum. Staph umumnya hidup pada kulit yang sehat. Septik artritis dapat berkembang ketika infeksi, seperti infeksi kulit atau infeksi saluran kemih, menyebar melalui aliran darah Anda ke sendi. Lebih jarang, luka tusukan, injeksi obat, atau operasi di dalam atau di dekat sendi dapat memberikan kuman masuk ke ruang sendi.

Lapisan sendi Anda (sinovium) memiliki sedikit kemampuan untuk melindungi diri dari infeksi. Reaksi tubuh Anda terhadap infeksi termasuk peradangan yang dapat meningkatkan tekanan dan mengurangi aliran darah di dalam sendi berkontribusi terhadap kerusakan.

Faktor risiko

Faktor risiko untuk septik artritis adalah :

  • Masalah sendi yang ada.

Penyakit kronis dan kondisi yang mempengaruhi sendi Anda seperti osteoartritis, asam urat, rheumatoid arthritis atau lupus dapat meningkatkan risiko septik artritis, seperti halnya sendi buatan, operasi sendi sebelumnya, dan cedera sendi.

  • Minum obat untuk rheumatoid arthritis. 

Orang dengan rheumatoid arthritis memiliki peningkatan risiko lebih lanjut karena obat yang mereka pilih yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh, membuat infeksi lebih mungkin terjadi. Mendiagnosis septik artritis pada penderita artritis reumatoid sulit dilakukan karena banyak tanda dan gejalanya mirip.

  • Kerapuhan kulit. 

Kulit yang mudah patah dan sembuh dengan buruk dapat memberi bakteri akses ke tubuh Anda. Kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim meningkatkan risiko septik artritis, seperti halnya luka kulit yang terinfeksi. Orang yang secara teratur menyuntikkan narkoba juga memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi di tempat suntikan.

  • Sistem kekebalan tubuh lemah. 

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah memiliki risiko lebih besar terkena septik artritis. Ini termasuk orang dengan diabetes, masalah ginjal dan hati, dan mereka yang menggunakan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh mereka.

  • Trauma sendi. 

Gigitan hewan, luka tusuk, atau luka pada sendi dapat membuat Anda berisiko mengalami septik artritis.

  • Memiliki kombinasi faktor risiko menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar daripada hanya memiliki satu faktor risiko.

Komplikasi

Jika pengobatan ditunda, septik artritis dapat menyebabkan degenerasi sendi dan kerusakan permanen.

Bagaimana Diagnosis Septic Arthritis ?

Suatu prosedur yang disebut arthrocentesis umumnya digunakan untuk membuat diagnosis arthritis septik yang akurat. Prosedur ini melibatkan tusukan bedah pada sendi untuk mengambil sampel cairan sendi, yang dikenal sebagai cairan sinovial. Biasanya, cairan ini steril dan bertindak sebagai pelumas.

Sumber :

www.webmd.com

www.mayoclinic.org

Related Posts:

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>